Minggu, 21 Desember 2008

debian


Menginstall debian



Sebelum meng-install Debian pada BIOS harus di set Boot Device Priority-nya dulu. Untuk masuk ke BIOS tiap Motherboard mempunyai standart sendiri. Namun sebagian besar tinggal menekan tombol delete atau F2. Ketika membooting pertama kali tekan F2 atau del untuk masuk BIOS, anda harus menekan nya dengan cepat, sebab bila tidak komputer akan masuk ke OS di hardisk. Apabila anda “lebih cepat” dari loading komputer anda maka tampilanya akan muncul sebagai berikut:



Kemudian simpan konfigurasinya dan reboot ulang

lalu akan muncul tampilan sebagai berikut:



Tekan tombol enter pada keyboard, dan debian installer akan mulai memuat file yang diperlukan untuk memandu Anda untuk sistem instalasi.







Untuk mulai proses instalasi, langkah yang pertama harus di lakukan adalah memilih bahasa yang digunakan untuk proses instalasi. Dalam screenshot berikut, saya memilih Bahasa Inggris. Anda dapat membuat pilihan lain jika Anda mau.

Berdasarkan pilihan bahasa Anda, debian installer akan mencoba untuk mencari negara Anda.

Jadi anda tidak akan ketakutan untuk memilih bahasa paling nyaman untuk Anda Pilihan. Tempat dari negara anda sangat penting untuk kemudian kami akan membuat pilihan untuk Debian atau memperbarui sistem paket instalasi.

Jika negara anda tidak terdapat dalam daftar pilih other,tekan enter

Dan muncul daftar negara yang lengkap,pilih negara anda tekan enter

Setelah instalasi bahasa dan lokasi Anda telah diterima, Debian installer akan meminta Anda untuk memilih layout keyboard, Pilih layout keyboard sesuai keinginan anda tekan enter.









Debian installer akan memulai pemindaian komputer Anda mencoba untuk menemukan CD-ROM:

muncul “Loading additional components”tunggu proses loading

Selanjutnya masukan jendela akan meminta Anda untuk memberikan satu nama untuk kotak Linux Anda yang baru. Saya memilih "debbox".

Catatan: Sistem nama harus satu kata.

Dan kemudian nama domain:

Catatan: Saya tidak benar-benar memiliki satu nama domain. Jadi, dalam kasus saya, saya menggunakan "linux.local"





Langkah selanjutnya akan partisi disk.

Installer pertama akan meminta Anda untuk memilih disk untuk partisi:

Setelah dilakukan seleksi disk, Anda harus memilih jika Anda ingin menggunakan LVM (Logical Volume Manager) atau tidak.Saya tidak akan menjelaskan secara rincian tentang apa dimaksud LVM, Anda dapat menemukan banyak sumber daya internet:

Apa itu LVM? Http://ds9a.nl/lvm-howto/HOWTO//cvs/lvm-howto/output/lvm-howto-2.html

Wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Logical_Volume_Manager_ 28Linux% 29%

CATATAN: Saya kira bahwa Anda ingin menggunakan mesin yang didedikasikan untuk Anda merek baru Debian Linux instalasi dan tidak akan masuk ke rincian mengenai partisi disk dan konfigurasi boot manager untuk mempertimbangkan Anda yang sudah ada instalasi Windows.













Setelah jendela meminta Anda untuk memilih skema partisi. Anda dapat memilih antara tiga pilihan:

-All files in one partition which is recommended for new users (Semua file dalam satu partisi yang

direkomendasikan untuk pengguna baru)

-Separate /home partition only (Pisahkan / rumah hanya partisi)

-Separate /usr /var /home and /tmp partition (Pisahkan / usr / var / rumah dan / tmp partisi)

Pilihan saya pergi untuk ketiga pilihan.

Saya lebih memilih untuk memiliki partisi terpisah untuk / usr, / var dan / home. Setelah Anda telah membuat pilihan, Debian installer akan menghitung disk ukuran dan pengajuan Anda partisi ukuran:





Dasar penjelasan:

/ Var partisi adalah sangat penting. Ia memegang informasi mengenai "sistem spooling" umumnya berbicara. Spooling sistem dapat:

-Mail spool Kili-kili-Mail

-printing spool cetak-kili-kili

-system logs log-sistem

-others -lain

Ketika sistem penuh, yang spools dapat tumbuh dan log yang dapat menyebabkan sistem untuk memperlambat dalam kinerja.Rekomendasi saya adalah membuat partisi ini sedikit lebih besar dari pada orang lain. /home : / home:

/ home partisi memegang profil pengguna.Tergantung ukuran disk, Anda harus menetapkan banyak ruang untuk partisi ini.

/tmp : / tmp:

Di / tmp partisi disimpan sementara objek, seperti halaman web ketika anda masuk line dll

/usr : / usr:

Ini adalah salah satu yang paling penting direktori / partisi di sistem.ini berisi semua pengguna binari. Program seperti ftp, ssh Telnet dan lain ditempatkan di sana./ usr / doc berisi sistem dokumentasi dan / usr / src / linux berisi kode sumber dari linux kernel.

Untuk melanjutkan dengan instalasi kami, saya telah menerima apa yang diusulkan installer dan memilih opsi "Selesai partisi dan menulis perubahan ke disk"

Setelah partisi diciptakan dan diformat, Debian installer akan menanyakan root password account.

account root adalah yang paling penting dalam sistem anda. Pilih password Anda dengan hati-hati dan jangan lupa

Karena pentingnya password root, installer akan meminta Anda untuk memasukkan sekali lagi untuk memverifikasi masukan:



Dan kemudian,account pengguna. User account harus digunakan untuk penggunaan sehari-hari dari komputer Anda.Login root harus digunakan hanya untuk membuat modifikasi konfigurasi pada server Anda.

Dan nama login.

Catatan: nama harus Login di hanya satu kata.

Jenis username password Anda:

Sistem akan memindai isi CD ROM dan memeriksa apakah semua komponen yang menyajikan:

Catatan: Satu sedikit bagian dari sistem akan diinstal dari cd, dan lainnya langsung dari salah satu mirror Debian proyek situs.

Seperti yang dapat anda lihat di gambar berikut, sistem akan bertanya apakah Anda ingin menggunakan jaringan cermin untuk melanjutkan instalasi.

Catatan: Jika anda tidak memilih untuk menggunakan jaringan cermin, Anda akan selesai instalasi sangat minim dengan sistem dasar.

Pilih "yes" dan tekan tombol yang masuk pada keyboard Anda.

Installer akan meminta Anda untuk memilih negara Anda. Jika negara Anda tidak terdaftar, memilih lokasi terdekat.



Setelah Anda memilih negara Anda, sistem akan meminta Anda untuk mengambil salah satu mirror yang diusulkan:

Dalam kasus saya yang saya ambil ftp.easynet.be mirror

Biarkan kosong dan tekan tombol enter jika anda tidak memiliki proxy server.

Selanjutnya, sistem akan meminta anda jika anda ingin berpartisipasi untuk "penduduk". Ia membantu Debian pengembang untuk membuat statistik tentang penggunaan paket dan membuat keputusan tentang paket yang akan dimasukkan ke dalam cd pertama dll jika catatan dapat dilihat pada http://popcon.debian.org.

Akhir-akhir ini jika anda tidak ingin berpartisipasi, jalankan dpkg-reconfigure popularity-contest. Pilihan saya adalah "berpartisipasi". Anda dapat membuat pilihan Anda di sini.

Sekarang Anda harus memilih apa yang ingin anda instal pada komputer anda. Instalasi ini tidak mencakup instalasi desktop atau lainnya preset dari daftar.Anda dapat memilih "Desktop lingkungan" Jika Anda ingin memiliki x jendela. Dalam kasus saya saya hanya memilih "standar sistem".



Memulai proses instalasi:

Setelah sementara, sistem meminta Anda loader sistem yang ingin Anda gunakan. Anda dapat membuat pilihan antara grub dan lilo. System ini mengusulkan anda untuk menginstal grub ke MBR harddisk anda.



Perbedaan antara Lilo dan Grub (disalin dari http://blog.webhosting.uk.com/web-hosting/what-is-difference-between-grub-and-lilo/)

Apakah perbedaan antara GRUB dan LILO?

Semua boot loader bekerja dengan cara yang mirip dengan yang memenuhi tujuan umum.Tetapi LILO dan GRUB memiliki beberapa perbedaan:

* LILO tidak memiliki antarmuka interaktif perintah, sedangkan GRUB tidak.

* LILO tidak mendukung boot dari jaringan, sedangkan GRUB tidak.

* LILO menyimpan informasi mengenai lokasi dari sistem operasi ini dapat memuat secara fisik pada MBR. Jika Anda mengubah file konfigurasi LILO, Anda harus menuliskannya kembali dalam satu panggung LILO boot loader ke MBR.Dibandingkan dengan GRUB, ini adalah jauh lebih beresiko salah satu pilihan sejak MBR dapat meninggalkan sistem unbootable. Dengan GRUB, jika file konfigurasi dikonfigurasi dengan benar, akan cukup standar untuk GRUB command-line interface.

* LILO hanya muat linux dan boot loader lain. GRUB dan muat banyak OS's.

* LILO bekerja dengan memuat sendiri menjadi ruang yang akan muat pada MBR. Grub memiliki dua tahap (karena terlalu overcomplicated untuk bekerja juga, saya setuju berarti sebagai mudah sebagai lilo). Ini muat tahap 1 di bagian MBR (biasanya) dan tahap 2 dari / boot, bersama dengan itu konfigurasi.Setelah sementara, instalasi selesai, dan reboot komputer:



proses installasi selesai









Tidak ada komentar: